. Hypnosis SHOT-Indonesia Memberikan Gelar ~ HYPNOSIS SHOT-INDONESIA Chapter MALAYSIA

HYPNOSIS SHOT-INDONESIA

Ribuan Orang Telah Merasakan Manfaat dari Spiritual HypnOtivation Therapy (SHOT)-Indonesia. Metode Ini Terus Dikembangkan oleh Dr. Gumilar, S.Pd.,MM dan Para Pakar Dalam Rangka Mengoptimalisasikan Potensi Diri, Guna Berpartisifasi Aktif terhadap Pembangunan Masa Depan Generasi Bangsa Menuju Generasi yang Cerdas Dalam Berkarya Taqwa Dalam Beribadah. Saat ini Dapat Dinikmati di Negara Malaysia: "Hypnosis SHOT-Indonesia Chapter Malaysia. Telp/Hp. +6281323230058

Rabu, 24 Ogos 2011

Hypnosis SHOT-Indonesia Memberikan Gelar

Hypnosis SHOT-Indonesia Memberikan Gelar:

“C.SHOT dan M.SHOT Certified Training”

Setelah melalui pertimbangan mendalam Hypnosis SHOT-Indonesia akhirnya memutuskan untuk tidak berafiliasi ke lembaga manapun. Hypnosis SHOT-Indonesia menetapkan standar sendiri.

Pelatihan Hypnosis SHOT-Indonesia 50 jam untuk Certified Hypnosis Spiritual HypnOtivation Therapy dan 100 jam untuk Certified  Master Hypnoterapists Spiritual HypnOtivation Therapy profesional diselenggarakan, tidak berafiliasi kemana pun. Seperti ke organisasi hypnosis atau hypnotherapi di luar negeri seperti National Guild of Hypnotists (NGH), The International Medical & Dentistry Hypnotherapy Association (IMDHA), The American Board of Hypnotherapy (ABH),  International Association of Clinical Hypnotists (IACH), American Alliance of Hypnotist (AAH), International Association of Counselors and Therapists (IACT), National Association of Transpersonal Hypnotherapists (NATH), dan Associaton of Professional Hypnotists and Psychotherapists (APHP) di Inggris.

Isi kurikulum diambil dari berbagai modul pelatihan yang diselenggarakan lembaga hypnotherapi terkemuka di Amerika, yang tentunya kurikulumnya sesuai standar NGH,  berbagai jurnal internasional mengenai hypnosis dan hypnotherapi seperti American Journal of Clinical Hypnosis (AJCH) dan International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis (IJCEH)  plus pengalaman praktik membantu klien.
Banyak yang telah mengikuti pelatihan dan telah mendapat sertifikasi NGH ternyata tidak bisa atau tidak berani melakukan hypnotherapi. Lama tidaknya kita mengikuti pelatihan yang diselenggarakan lembaga hypnoterapi dalam/luar negeri akan mampu melakukan therapi dengan efektif dan efisien tergantung pada seberapa besar motivasi kita untuk menjadi seorang hypnotherapists.
Untuk mempelajari hypnoterapi di luar negeri ada beberapa kendala diantaranya:
  1. Faktor Biaya. Pelatihan yang dilakukan oleh salah satu cabang lembaga terkemuka di Amerika, yang pelatihannya diselenggarakan di Singapore selama 10 hari, karena mengikuti standar 100 jam, harganya sangat mahal. Ini belum termasuk tiket pesawat, hotel, dan makan.
  2. Masalah Bahasa. Untuk mempelajari hipnoterapi di luar negeri dibutuhkan kemampuan bahasa Indonesia, Melayu dan Inggris yang sangat baik.  Karena kita harus mampu meng-Indonesia-kan berbagai semantik yang digunakan dalam dunia hypnotherapi. Semantik ini sangat penting karena jika kita salah memilih atau menggunakannya maka efeknya akan berbeda.
Melalui Hypnosis SHOT-Indonesia memutuskan untuk menyelenggarakan pelatihan hypnosis 50 jam dan  hypnotherapi 100 jam untuk bisa membantu mendidik hypnotherapi andal. Selain itu, kurikulum dan standar pelatihan yang digunakan diharapkan bisa memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan hypnosis dan hypnotherapi di Indonesia. Bagi Anda yang mengikuti pelatihan hypnosis 50 jam akan mendapatkan gelar Certified of HypnOtivation Therapy (C.SHOT) dan atau pelatihan hypnotherapi 100 jam akan mendapatkan gelar Certified Master of Spiritual HypnOtivation Therapy (M.SHOT).

Keunikan yang membezakan pelatihan Hypnosis SHOT-Indonesia  dibandingkan dengan beberapa pelatihan di dalam/luar negeri yaitu selalu didasarkan atas pemberian landasan spiritual yang kuat sesuai kepercayaan/agama masing-masing agar hypnosis dapat lebih bermakna/bermanfaat untuk di dunia dan akhirat. Dalam proses pembelajaran selalu  memberikan contoh praktik therapi di dalam kelas, live therapy, dengan kasus riil, mulai dari yang ringan, seperti phobia, sampai kasus yang berat seperti luka batin, konflik diri, menemukan berbagai mental block penghambat sukses, dan bahkan kecemasan yang sangat tinggi.

Melalui contoh live therapy ini peserta dapat melihat dinamika yang terjadi saat berhadapan langsung dengan klien, bagaimana menggunakan pengetahuan dan berbagai teknik therapy yang telah diajarkan, dan bagaimana menggunakan kreativitas untuk membantu klien mengatasi masalah.

Di Indonesia  saat ini terdapat dua “aliran” lembaga hypnotherapi diantaranya:
  1. Lembaga yang sangat “mengutamakan” nama besar lembaga luar negeri. Jadi, sertifikasi yang mereka berikan selalu mencantumkan logo lembaga luar negeri yang menjadi afiliasi mereka. Lembaga tipe ini terkesan lebih mengutamakan sertifikasi.
  2. Lembaga yang tidak terlalu memusingkan nama besar lembaga luar negeri tapi benar-benar beroperasi berdasarkan standar kompetensi yang tinggi. Lembaga ini hanya mengutamakan satu hal yaitu alumnus pelatihannya kompeten melakukan terapi secara benar, efektif, efisien, dan dengan hasil yang permanen.
Untuk mengajarkan dasar-dasar hypnotherapy relatif cukup untuk waktu pelatihan 1 atau 2 hari, tetapi untuk tingkat lanjutkan memerlukan waktu yang lebih dari cukup. Yang perlu diperhatikan untuk menjadi hypnotherapist adalah kecukupan pengetahuan (coginitif), sikap (afektif), keterampilan (psykomotpor) dan nilai moral (value) serta kehati-hatian hypnoterapis ini mampu melakukan terapi dengan benar.

Jika saat ini atau nanti anda mencari trainer pelatihan hypnotherapi maka carilah lembaga yang benar-benar mengajar dengan standar yang tinggi.

Sertifikasi dan kompetensi sangat penting dimiliki Anda, tetapi kalau harus memilih salah satu maka pilihannya adalah sudah tentu “Kompetensi”. Hypnosis SHOT-Indonesia  salah satunya mendorong anda untuk memiliki kompetensi sesuai dengan harapan Anda.
Wassalam
ttd

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM

*******************************************************************